Nonton bioskop mungkin menjadi kegiatan rutin Anda sebelum pandemi covid-19 melanda dunia termasuk negara tercinta kita, Indonesia. Oleh karena pandemi covid-19, kini pemerintah Indonesia pun memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB yang mengharuskan masyarakatnya tetap berada di rumah guna memutus rantai penyebaran covid-19.

Peraturan ini menjadikan Anda harus berada di rumah hampir sepanjang waktu sehingga tidak heran jika banyak orang merasa bosan. Di satu sisi Anda ingin menonton film di bioskop, akan tetapi bepergian sangat tidak dianjurkan dan tentu saja kebanyakan bioskop juga tutup. Untuk saat ini ada baiknya Anda beralih pada situs-situs streaming film.

Walau begitu, tidak ada salahnya jika Anda memiliki rencana untuk nonton bioskop, bukan? Anda bisa mulai membuat list film-film apa saja yang ingin Anda tonton nanti mengingat ada banyak film yang ditunda perilisannya karena pandemi ini, bukan? Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda mulai berpikir untuk menghemat budget tiap kali menonton.

1. Bergabung dengan Komunitas Pecinta Film

Sebagai pecinta film, tidak ada salahnya jika Anda bergabung dengan orang-orang yang mempunyai kegemaran yang serupa bahkan hal ini bisa jadi sangat menyenangkan. Bergabung dengan komunitas pecinta film, tentu menjadi pilihan yang tepat, bukan? Karena pada dasarnya komunitas pecinta film merupakan kelompok yang memiliki ketertarikan pada suatu sinema.

Komunitas pecinta film memiliki tujuan mengumpulkan individu-individu untuk berdiskusi mengenai berbagai jenis film baik dari segi positif dan negatif hingga kritik dan saran serta berbagi informasi mengenai suatu film hingga apa-apa saja yang membuat mereka tertarik pada suatu film. Sebagai tempat berkumpulnya sesama pecinta film, komunitas ini bisa dilakukan secara online maupun fisik.

Selain berbagi informasi mengenai film-film itu sendiri, komunitas pecinta fim umumnya juga berbagi informasi mengenai jadwal tayang suatu film hingga promo-promo tiket nonton Bioskop. Anda bisa mulai bergabung dalam komunitas pecinta film mulai dari pecinta film Korea Selatan, Jepang, hingga USA melalui media sosial seperti facebook, twitter, whatsapp, line, telegram, dan lain sebagainya.

2. Tidak Membeli Makanan dan Minuman di Bioskop

Bukan hal yang asing jika makanan dan minuman yang dijual di bioskop memiliki harga yang sangat mahal. Harga makanan dan minuman yang dijual di bisokop bahkan bisa menguras kantong Anda karena harganya bahkan bisa lebih mahal dibandingkan dengan harga tiket nonton bioskop Anda sendiri.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda tidak membeli minuman dan makanan di bioskop. Apabila Anda tidak tahan untuk tidak membawa makanan dan minuman, Anda mungkin bisa membawanya diam-diam di dalam tas Anda karena pada bioskop yang sudah berdiri lama jarang melakukan pemeriksaan. Akan tetapi, perlu Anda ingat bahwa hal ini dilarang, ya!

3. Nonton di Hari Kerja

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa harga tiket pada hari kerja dan akhir pekan memiliki selisih yang cukup besar. Tentu saja harga tiket pada hari kerja lebih murah jika Anda bandingkan dengan harga tiket di akhir pekan. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda memilih hari kerja sebagai waktu Anda nonton bioskop.

Jika Anda seorang karyawan, mahasiswa, atau siswa akan sulit menentukan waktu nonton yang tepat di tengah-tengah kesibukan Anda. Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir karena saat ini bioskop memiliki jam tayang pada malam hari bahkan pada hingga tengah malam pun ada. Pilihan ini pun cocok bagi Anda yang tidak ingin melewatkan sholat isya’.

Bagi Anda mahasiswa dan siswa, Anda bisa memilih waktu nonton bioskop di hari Anda sedang diliburkan atau tidak ada kuliah serta saat Anda pulang lebih awal.pilihlah hari kerja untuk menonton film di bioskop. Namun, memang setiap orang memiliki kesibukannya masing-masing. Terutama jika Anda sedang bekerja ataupun sedang kuliah.

4. Menggunakan Kartu Kredit dan Kartu Debit

Apabila Anda sudah memiliki kartu kredit, Anda dapat menggunakannya untuk membeli tiket nonton bioskop. Bukan tanpa alasan hal ini disarankan karena umumnya pihak bank penerbit kartu kredit telah bekerja sama dengan bioskop-bioskop tertentu untuk memberikan promo-promo tertentu pada pengguna kartu kredit. Mulai dari potongan harga hingga promo buy one get one free.

Baca juga : promo domain .com 2020

Secara umum ada beragam promo yang ditawarkan dengan penggunaan kartu kredit. Akan tetapi, perlu Anda perhatikan periode promonya. Jika Anda tidak memiliki kartu kredit debit pun terkadang menawarkan promo semacam itu. Jadi, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk memiliki kartu kredit terlebih lagi bagi Anda pemeluk agama Islam karena ada unsur riba di dalamnya.

5. Memilih Tiket Bioskop Termurah

Pernahkah Anda membandingkan harga tiket di berbagai bioskop bahkan bioskop dengan merek dagang yang sama? Sebagai pecinta nonton bioskop hal ini sangatlah penting karena nyatanya harga di tiap bioskop bisa jadi berbeda bahkan jika merk dagang bioskop tersebut sama. Perbedaan harganya bahkan bisa mencapai Rp 10.000,00 untuk fasilitas yang sama.

Anda jangan anggap sepele perbedaan angka tersebut karena jika Anda hendak mentraktir beberapa orang perbedaan harganya akan sangat terasa. Bayangkan jika Anda membayar untuk 5 orang, jika dihitung Anda sudah rugi Rp 50.000,00. Dengan nilai yang sama Anda bahkan bisa mengajak teman Anda lainnya untuk nonton bioskop. Sangat disayangkan untuk terbuang percuma, bukan?

Anda juga perlu paham bahwa harga tiket juga dipengaruhi fasilitas yang diberikan. Jadi, jika Anda orang yang tidak terlalu mementingkan fasilitas dan hanya ingin menikmati filmnya, disarankan memilih tiket dengan fasilitas standar saja karena pada dasarnya film yang ditonton juga sama dan rata-rata bioskop yang standar sekali pun sudah cukup bagus.

6. Memiliki e-wallet

Sudahkah Anda tahu dan punya e-wallet. E-wallet atau electronic wallet sendiri diartikan sebagai dompet elektronik yang merupakan sebuah aplikasi atau fitur yang bertujuan untuk memudahkan penggunanya dalam melakukan pembayaran. Saat ini sudah ada banyak sekali e-wallet di antaranya adalah OVO, t-cash, go-pay, grab-pay, dana, dan lain sebagainya.

Hampir semua jenis e-wallet memberikan berbagai macam promo. Salah satu dari sekian banyak promonya adalah promo untuk tiket nonton bioskop. Dengan begitu, Anda bisa mencari tahu promo-promo bioskop apa yang ditawarkan oleh e-wallet. Pastikan Anda jeli dengan syarat dan ketentuan yang menyertainya terutama periode promonya. Jangan sampai Anda keliru bahkan rugi karena tidak teliti.

7. Mencari Promo Tiket Bioskop

Pada umumnya pada masa promosi suatu film yang baru saja rilis, pihak promotor dari suatu film akan bekerja sama dengan pihak bioskop untuk mengadakan kuis yang menjadikan tiket nonton bioskop gratis dari film tersebut sebagai hadiahnya. Hal ini dianggap menjadi cara yang efektif untuk memperkenalkan film terbarunya.

Akan tetapi, Anda perlu tahu bahwa tiket gratis tersebut jumlahnya sangat terbatas. Oleh karena itu, agar bisa mendapatkan tiket gratis tersebut, Anda harus melakukan perburuan. Anda dapat berburu tiket gratis di akun-akun media sosial bioskop-bioskop di Instagram untuk mendapatkan informasi terbaru.

Tidak ada yang tahu apakah Anda merupakan orang yang beruntung untuk mendapatkan tiket gratis tersebut. Jadi, jangan ragu untuk mencobanya. Semoga informasi mengenai 7 tips nonton bioskop agar lebih hemat ini bisa menambah wawasan Anda serta membantu Anda menghemat budget Anda!